METEOR YANG JATUH DI JAKARTA!

Lapan pastikan meteor jatuh di Jakarta

MeteorMeteor sporadis tidak bisa diketahui waktu dan lokasi jatuhnya

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Lapan, memastikan penyebab ledakan yang mengakibatkan kerusakan terjadi di sebuah rumah warga di Duren Sawit, Jakarta Timur adalah sebuah meteor.

Kesimpulan akhir ini didapat oleh Lapan setelah melakuan kajian sejak Kamis pekan lalu (9/4) setelah ada laporan dari masyarakat mengenai dugaan benda dari angkasa luar yang jatuh dan mengakibatkan kerusakan pada tiga rumah milik warga di kawasan tersebut.

Lapan melakukan penelitian di tempat tersebut bersama bersama Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir.

Peneliti dari Lapan, Thomas Jamalaudin mengatakan berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, dia simpulkan meteorit ini merupakan meteor sporadis yang berukuran kurang lebih sebesar buah kelapa.

Bukti berupa sisa paparan panas yang ada di salah satu rumah warga menjadi salah satu dasar untuk menunjukan bahwa benda yang jatuh di kawasan itu merupakan meteorit.

“Kesimpulan menyatakan kerusakan yang terjadi memang akibat meteorit berdasarkan indikasi struktur kerusakan dan paparan panas yang ditimbulkannnya,” kata Thomas.

Kerusakan yang terjadi pada ketiga rumah kata di kawasan itu akibat kecepatan meteor yang tinggi.

“Kecepatan dan paparan panas yang tinggi juga mengakibatkan tekanan yang besar dan menghamburkan material yang ada di rumah, sehingga rumah sekitarnya terdampak oleh lontaran genteng dan pecahan material bangunan,” tambahnya.

Sebelumnya Pusat Laboratorium Forensik Polisi juga menyatakan bahwa ledakan itu tidak diakibatkan oleh bahan peledak dan tabung gas yang sering digunakan oleh warga setempat.

Tidak berbahaya

Kesimpulan akhir yang didapat oleh tim gabungan ini juga menyimpulkan meteorit tersebut tidak menyisakan gas dan radiasi berbahaya bagi warga sekitar.

Jenis meteor Meteor yang jatuh di Jakarta besarnya kurang lebih seukuran buah kelapa

Hal ini sebelumnya menurut Thomas juga telah dipastikan oleh kajian yang dilakukan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir.

“Bapeten tidak menemukan unsur radioaktif berbahaya yang ditimbulkan diwilayah tersebut akibat meteor yang jatuh ini.”

Materi dari meteor yang jatuh ini kemungkinan masih tersisa di wilayah itu, dia mengatakan nanti warga yang menemukan sisa meteorit ini bisa langsung menyerahkannya kepada Polisi untuk kemudian diserahkan kepada lembaganya.

Hingga sekarang Lapan tidak bisa mendeteksi kemungkinan arah jatuh meteor sporadis seperti ini, begitu juga waktu kapan meteor itu akan jatuh ke bumi.

“Meteor-meteor sporadis yang berukuran kecil itu tidak bisa diperkirakan dan tidak bisa diantisipasi, dan di manapun hingga sekarang meteorit kecil itu baru diketahui setelah jatuh,” kata Thomas.

Lapan mencatat dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir sudah ada empat peristiwa meteor jatuh di Indonesia termasuk dengan peristiwa yang terjadi di Duren sawit, pekan lalu.

Bapeten tidak menemukan unsur radioaktif berbahaya yang ditimbulkan diwilayah tersebut akibat meteor yang jatuh ini

Thomas Jamaludin

Pada awal tahun 2000 meteor dilaporkan jatuh di Tegal Jawa Tengah. Sekitar tiga tahun kemudian warga di Pontianak melaporkan jatuhnya meteorit.

Lapan juga mencatat laporan meteorit yang jatuh ke wilayah Indonesia pada tahun 2007 di sebuah areal persawahan di Gianyar, Bali dan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat peristiwa itu.

Sebelumnya pada Kamis pekan lalu sebuah benda asing dilaporkan jatuh dan benturannya menimbulkan bunyi seperti ledakan dan menyebabkan tiga rumah rusak di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Salah satu rumah milik warga bernama Sudarmodjo mengalami rusak berat, kerusakan juga terjadi pada dua rumah yang terletak berdekatan dengannya.

Kerusakan akibat tertimpa meteorit terjadi pada bagian atap dan lantai dua rumah-rumah tersebut sementara benda-benda di dalam rumah hangus terbakar.

sumber:http://www.bbc.co.uk/indonesia/berita_indonesia/2010/05/100503_meteor.shtml

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: